Manajemen Pendidikan Berpola Pesantren dalam Membentuk Mutu Kepribadian Muslim Peserta Didik di SMP Ma’arif 1 Ponorogo

  • Siti Komariyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Miftahul Huda Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Rohmah Maulidia Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: kepribadian muslim, manajemen pendidikan, pola pesantren mutu

Abstract

Semakin maraknya kenakalan remaja di era saat ini, diperlukan manajemen pendidikan yang dapat membentengi peserta didik melalui pendidikan berpola pesantren yang dapat mengantarkan peserta didik memiliki kepribadian muslim, dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, (4)
implikasi pendidikan berpola pesantren dalam membentuk mutu kepribadian muslim peserta didik di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian ini di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.
Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu perencanaan terlihat belum matang dan program belum terdokumentasi dengan baik, pelaksanaan sudah berjalan baik dengan dukungan guru yang memiliki keilmuan unggul pada bidang program pendidikan berpola pesantren, evaluasi tidak bisa dilaksanakan karena standar
pelaksanaannya masih umum, tidak spesifik, implikasi sudah baik. Secara faktor metodis akumulatif, implikasi pendidikan berpola pesantren di SMP Ma’arif I Ponorogo tidak ada pemerataan.

References

Abd.Halim Soebahar, Kebijakan Pendidikan Islam dari Ordonisasi Guru sampaiUUSisdiknas Jakarta: PT. RajaGrafindoPersada,2013

Annisa Wahyuni Dian, Manajemen mutu dalam perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Idaarah,Vol.3.No.2.Desember 2019.

Daradjat,Zakiyah et.al., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.

Depdiknas,Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren (Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai). Jakarta: LP3ES, 2012.

E.Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta:PT Bumi Aksara, 2012.

Fadhil Mubarok, Koordinator Program Pondok Pesantren SMP Ma’arif 1 Ponorogo, Wawancara 17 Agustus 2022.

Huberman, Michael, and Matthew B. Miles. The Qualitative Researcher’s Companion. Sage, 2002

Koeswara, Teori-Teori Kepribadian, Bandung: Eresco, 1991

M. Natsir, Kapita Selekta, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.

Mujib,Abdul. Kepribadian Dalam Psikologi Islam, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2006.

Nurochim,“Sekolah Berbasis Pesantren Sebagai Salah Satu Model PendidikanIslam Dalam Konsepsi Perubahan Sosial,” dalam Jurnal Al-Tahrir, Vol. 16 No. 1 Tahun2016.

Wahid,Abdurrahman. Pesantren sebagai Subkultur, dalam M. Dawam Rahardjo (ed.)Pesantren dan Pembaharuan, cet. 5 (Jakarta: LP3ES, 1995), 40

Published
2024-01-05
How to Cite
Komariyah, S., Huda, M., & Maulidia, R. (2024). Manajemen Pendidikan Berpola Pesantren dalam Membentuk Mutu Kepribadian Muslim Peserta Didik di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(02), 305-314. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i02.2333