Learning Management System dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Wustho Darul Falah Sukorejo Ponorogo

  • Mujib Nur Kholik Mujib Nur Kholik Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Muhammad Thoyib Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Dhinuk Puspita Kirana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: learning management system; madrasah diniyah; pembelajaran Kitab Kuning

Abstract

Learning management system (LMS) merupakan satu dari sekian media yang dapat diterapkan pada pelaksanaan pembelajaran. Madrasah Diniyah (Madin) wustho Darul Falah sebagai lembaga pendidikan sudah mulai menerapkan LMS sebagai adaptasi dari program digitalisasi yang sedang terjadi. Namun, LMS ini dalam pelaksanaanya masih belum maksimal karena terjadi beberpa indicator yang menunjukkan kelemahan pasca penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan learning management system dalam pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah wustho darul falah dengan fokus pembahasan: 1. Perencanaan LMS, 2. Pelaksanaan Pembelajaran dengan LMS, 3. Dampak Pelaksanaan LMS. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama: perencanaan pembelajaran kitab kuning dengan LMS dilakukan dengan merencanakan pembuatan program LMS dan merencanakan pembelajaran dengan menggunakan LMS. Dalam perencanaan ini pihak Madin membuat tim IT yang bekerja sama dengan programmer untuk pembuatan LMS. Pemasukan kitab kuning dan pembuatan aplikasi benar-benar dilakukan secara langsung tanpa download di situs penyedia aplikasi. Sedangkan untuk perencanaan pembelajarannya pihan Madin mengidentifikasi tujuan perencanaan pembelajaran, penyesuaian tujuan, pemngembangan program dan evaluasi program. Kedua: pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dengan LMS yang dilakukan dengan penerapan apersepsi, pendekatan pembelajaran, penggunaan metode dan media pembelajaran yang dilakukan dengan inovasi dan kreatifitas masing-masing asatidz. Ketiga: dampak pelaksanaan pembelajaran kitab kuning yang terjadi, baik dampak positif maupun negatif. Dampak positif pelaksanaan tentu perlu ditingkatkan, sedangkan dampak negatif seperti kurangnya teknologi penunjang, kurangnya interaksi social serta kurangnya pengawasan perlu dievaluasi sebagai penentu kebijakan keberlangsungan penggunaan LMS pada pembelajaran kitab kuning di Madin Wustho Darul Falah.

References

Adiputra, Antonius Rahardityo, Ravik Karsidi, dan Bagus Haryono. “Cultural Lag dalam Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online dengan Sistem Zonasi Tahun 2018 di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sukoharjo.” Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi 3, no. 1 (2019): 1–13.

Akbar, Khairul, dkk. “Mananjemen POAC Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BDR di SMP Negeri 2 Paraya Barat Daya),” 2019.

Ananda, Rusydi, dan Amiruddin Amiruddin. “Perencanaan Pembelajaran,” 2019.

C. D., Dziuban, and Moskal P. D. Blended Learning. In J. M. Spector, M. D. Merrill, J. J. G. Van Merriënboer, & M. P. Driscoll (Eds.), Handbook of Research on Educational Communications and Technology. Springer, 2011.

Ekonomi, Guru. “Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli,” Desember 2022. https://sarjanaekonomi.co.id/pengertianperencanaan-menurut-para-ahli/.

Haerana. Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.

Ifendi, Mahfud. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sunan Drajad Banjarwati Lamongan.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2021): 85–98.

Khadijah, Khadijah, Iwan Setiawan HR, dan Sutamrin Sutamrin. “Partisipasi Online dalam Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) Pada Matakuliah Pengantar Teori Fuzzi.” EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 5, no. 1 (2022): 34–45.

Kristiawan, Muhammad, dkk. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

M. G., Moore. Handbook of Distance Education. Routledge, 2013.

Maimun, Agus, dan Agus Zainal Fitri. Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Mardiana, Novi, dan Ahmad Faqih. “Pemanfaatan Learning Management System dalam Proses Pembelajaran Matematika Diskrit.” Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT) 5, no. 1 (2019): 16–29.

Miles, M.B, A.M Huberman, and J Saldana. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. 3rd ed. USA: Sage Publications, 2014.

Munir, Munir. “Penggunaan Learning Management System (LMS) di Perguruan Tinggi: Studi Kasus di Universitas Pendidikan Indonesia.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 1, no. 1 (2010).

Nursyifa, Aulia. “Kajian Cultural Lag dalam Kehidupan Masyarakat Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Pada Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 5, no. 1 (2018): 1–24.

“Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014,” 2014.

Safrudin, A., Muis, A., and Muin, A. “The Effect of Learning Management System on the Quality of Learning in Islamic Boarding Schools.” International Journal of Instruction 12 (3) (2019).

Sardiman, A. M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2017.

Setiawan, Risky, Djemari Mardapi, Afis Pratama, dan Syahri Ramadan. “Efektivitas Blended Learning dalam Inovasi Pendidikan Era Industri 4.0 Pada Mata Kuliah Teori Tes Klasik.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 6, no. 2 (2019): 148–58.

Suparla. Mencerdakan Kehidupan Bangsa, dari Konsepsi Sampai Implementasi. Jakarta: Grafindo Persada, 2002.

Van Bruinessen, Martin. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat. Yogyakarta: Gading Publising, 2015.

Vygotsky, L. S. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press, 1978.

Published
2023-12-27
How to Cite
Mujib Nur Kholik, M. N. K., Thoyib, M., & Kirana, D. P. (2023). Learning Management System dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Wustho Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(02), 201-216. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i02.2257