STRATEGI PEMBINAAN KESISWAAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ROHMAH MAN 2 KOTA MADIUN

  • Ulfa Ulinuha IAIN Ponorogo
  • Aksin
Keywords: strategi; Pembinaan Kesiswaan; Karakter santri;

Abstract

Sebagai sebuah lembaga pedidikan yang berbasis keagamaan, lembaga pondok pesantren merupakan lingkungan yang selalu dibutuhkan untuk menjawab semua problematika yang ada dilingkungan masyarakat, Permasalahan dalam lingkungan pendidikan ini, bisa dikendalikan dengan pembinaan yang baik dan benar dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pondok Pesantren Darul Rohmah MAN 2 Kota Madiun memiliki program pembinaan yang terfokus pada pemaksimalan pengembangan santri untuk peningkatan mutu karakter santri dengan serangkaian kegiatan didalamnya.adapun tujuan dalampenulisan artikelini adalah untuk menjelasakan proses perencanaan strategi pembinaan, mengugkapimplementasinya serta mengidentifikasi evaluasi pelkasanaan strategi pembinaan yang ada MAN 2 Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah : 1) perecanaan strategi pembinaan dilakukan oleh setiap awaltahun pembelajaran dan diikuti oleh pengelola asrama, pengasuh asrama, ustaz-ustazah serta musyrif-musyrifah dari pihak santri. Pelaksanaan strategi pembinaan di Pondok Pesantren Darul Rohmah berjalan sesuai dengan rencana karena dalam kegiatan yang berlangsung diupayakan untuk selalu diawasi dan diperhatikan perilaku santri diasrama dan diluar asrama, sedangkan nilaikarakter yang ditekankan di Pondok Pesantren Darul Rohmah adalah karakter empati,sehingga apapun kegiatan santri ataupun hukuman sekalipun didasarkan dengan empati itu sendiri. Sedang evaluasi sendiridi Pondok Pesantren Darul Rohmah diadakan setiap hari oleh penangungjawab yaitu pengasuh asrama masing-masing. Faktor pendukung dalam proses pembinaan diasrama adalah sudah terbentunya milio atau lingkungan berkarakter. Sedangkan faktor penghambat dalam pembinaan adalah belum adanya buku induk yang menjadi panduan pasti untuk pembinaan yang maksimal dilakukan oleh lembaga pendidikan selama 3 tahun.

Published
2021-11-25
How to Cite
Ulinuha, U., & Aksin. (2021). STRATEGI PEMBINAAN KESISWAAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ROHMAH MAN 2 KOTA MADIUN . Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(02), 157-165. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i02.217