PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING MELALUI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR’AN PAKUNDEN

  • Mahfud IAIN Ponorogo
  • Abid Rohmanu
Keywords: Manajemen peserta didik, Kemampuan membaca, Kitab kuning

Abstract

Salah satu problematika pondok pesantren adalah output. Rendahnya kemampuan santri dalam membaca kitab kuning merupakan permasalahan yang perlu dicari solusinya. Tulisan ini akan mengungkap bagaimana manajemen peserta didik diterapkan, faktor-faktor yang mempengaruhi, serta dampak dari manajemen peserta didik terhadap kemampuan membaca kitab kuning. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Implementasi manajemen peserta di Pondok Pesantren Nurul Qur’an dengan berbagai faktor pendukung dan penghambatnya, berdampak pada peningkatan kemampuan santri dalam membaca kitab kuning. Keberhasilan peningkatan mutu peserta didik merupakan salah satu hasil dari baiknya Implementasi Manajemen peserta didik.

 

Published
2021-11-18
How to Cite
Mahfud, & Rohmanu, A. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING MELALUI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR’AN PAKUNDEN. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(02), 97-110. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i02.214