Supervisi Kepala Sekolah dalam Rangka Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di SMAIT Al Huda Wonogiri

  • Sigit Kuncoro PASCASARJANA IAIN PONOROGO
  • Nur Kolis
Keywords: SUPERVISI, KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Abstract

Pengembangan kompetensi profesional guru merupakan suatu keharusan, mengingat guru merupakan garda terdepan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus Karena penelitian ini mempunyai latar subjek suatu kejadian di SMAIT AL Huda Wonogiri. Data bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah teknik supervisi  yang digunakan oleh kepala SMAIT Al Huda yaitu teknik supervisi   perseorangan meliputi kunjungan kelas virtual, observasi kelas dan kroscek kepada siswa. Serta teknik supervisi kelompok meliputi rapat dan mengadakan diskusi kelompok. Usaha pengembangan kompetensi profesional guru yaitu peningkatan kompetensi profesional guru dalam merencanakan pembelajaran, peningkatan kompetensi profesional guru dalam pelaksanaan pembelajaran, peningkatan kompetensi profesional guru dalam evaluasi pembelajaran. Sedangkan usaha pengembangan kompetensi profesional guru yaitu kajian pekanan, pembinaan hari senin, upgrading, penilaian kinerja guru (PKG), dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Kendala yang dihadapi dalam supervisi kepala SMAIT AL Huda Wonogiri yaitu tidak mengetahui langsung kondisi siswa, jaringan internet, tidak mengetahui respon siswa secara maksimal. Hasil supervisi  dilakukan kepada 2 guru yaitu ustadzah Putri Ratna Juwita, M.Pd. mendapat skor 49 dari skor maksimal 52 artinya sangat baik, sedangkan ustadzah Asritami Sinta Hapsari S.E. mendapat Skor 44 dari skor maksimal 52 artinya  baik.

Published
2021-11-05
How to Cite
Kuncoro, S., & Kolis, N. (2021). Supervisi Kepala Sekolah dalam Rangka Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di SMAIT Al Huda Wonogiri. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(02), 47-57. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i02.197