Analisis Perbandingan Motivasi Kerja, Kedisiplinan, dan Kreativitas Guru di SD Negeri Se-Kecamatan Dolopo Berdasarkan Status Kepegawaian

  • Yenny Ika Fatmasari IAIN Ponorogo
  • Andhita Dessy Wulansari
Keywords: Perbandingan, motivasi kerja, kedisiplinan, kreativitas, guru

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan tentu saja tidak lepas dari peran serta pemerintah dan komponen pendidikan yang terkait, salah satunya yaitu guru. Seiring dengan perkembangan zaman, maka guru dituntut untuk memiliki kompetensi unggul dalam perannya mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Motivasi kerja, kedisiplinan dan kreativitas guru dalam mengajar sangat diperlukan untuk mencapai kinerja yang tinggi.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PNS dan Non PNS di 28 SD Negeri se-Kecamatan Dolopo dengan jumlah sampel 87 guru PNS dan 66 guru Non PNS. Data yang diperoleh dari penelitian diuji prasyaratkan terlebih dahulu dengan uji normalitas multivariat dan uji homogenitas matriks varian-kovarian/Box’s M, kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA (Multivariate of Analisys). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi kerja pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo, untuk mengetahui perbedaan kedisiplinan pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo, untuk mengetahui perbedaan kreativitas pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo, dan untuk mengetahui perbedaan motivasi kerja, kedisiplinan dan kreativitas secara simultan pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo. Hasil penelitian ini adalah: 1) tidak terdapat perbedaan motivasi kerja pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo dengan nilai probabilitas 0,075. 2) tidak terdapat perbedaan kedisiplinan pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo dengan nilai probabilitas 0,1571. 3) tidak terdapat perbedaan kreativitas guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo dengan nilai probabilitas 0,279. 4) tidak terdapat perbedaan motivasi kerja, kedisiplinan dan kreativitas secara simultan pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo dengan nilai probabilitas 0,336.

References

Farida, Umi & Hartono, Sri, Manajemen Sumber Daya Manusia II, Ponorogo: UMPO Press, 2015.

Gouzali, Saydan. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia: Suatu Pendekatan Mikro. Jakarta: Djambatan.

Hasibuan M., Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Mubarokah, Rizqiyatul ‘’Pengaruh kedisiplinan dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di MTsN 3 Sidoarjo’’. Skripsi 2020, diakses 11 Oktober 2020, http://etheses.uin-malang.ac.id.

Muhammadi, Anharurrohman E & Nashirudin, Muh ‘’Korelasi Kreativitas dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran’’, IJER, p-ISSN 2541-2132 (2016), diakses 10 Oktober 2020, http://edujurnal.iainjambi.ac.id/index.php/ijer

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Permatasari, Jundah, dkk ‘’Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan: Studi pada PT BPR Gunung Ringgit Malang’’, Jurnal Administrasi Bisnis 25 no. 1 (2015), diakses 11 Oktober 2020,administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.

Subrayanti, Delta, ‘’Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur’’, Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfa Beta, 2006.

Uno, Hamzah B, Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Tri Andani, Ratna, “Perbedaan Motivasi dan Disiplin Kerja Pada Guru PNS dan Bukan PNS di SMP Negeri se-Surabaya Barat’’, Jurnal Mahasiswa UNESA 4 no. 2 (2016), diakses 9 Oktober 2020, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Published
2023-07-06
How to Cite
Yenny Ika Fatmasari, & Andhita Dessy Wulansari. (2023). Analisis Perbandingan Motivasi Kerja, Kedisiplinan, dan Kreativitas Guru di SD Negeri Se-Kecamatan Dolopo Berdasarkan Status Kepegawaian. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(01), 149-166. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i01.1819