Implementasi Fungsi Manajemen dalam Program Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh Baitul Quran

  • Siti Khabibah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: manajemen, ekstrakurikuler, non-akademis

Abstract

Belajar bukan sekedar transmisi ilmu pengetahuan, namun belajar merupakan proses mengolah daya penalaran sebagai bekal dasar bagi setiap warga negara. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya nalar siswa adalah dengan meningkatkan prestasi non akademis. Prestasi nonakademis bisa dilakukan dengan pemberdayaan program ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan mengenai: 1) Implementasi fungsi manajemen program ekstrakurikuler; 2) menganalisis kendala dan hambatan manajemen program ekstrakurikuler; 3) implikasi manajemen program ekstrakurikuler dalam peningkatan prestasi non akademik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui pengamatan, di mana peneliti sebagai instrumen kunci untuk melakukan observasi, wawancara mendalam dengan sumber data utama/informan dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian diperoleh: 1) fungsi manajemen telah diterapkan dalam program ekstrakurikuler yang meliputi perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, 2) Terdapat kendala dan hambatan berupa waktu, biaya, sarana dan prasarana, pemetaan peserta dan pembimbing, 3) implikasi manajemen program ekstrakurikuler berdampak pada peningkatan prestasi nonakademis dan penanaman nilai positif yakni berpikir bebas dan mandiri, bertanggungjawab, mampu berorganisasi, dan ukhuwah islamiyah.

References

Arifah, Nur. “Manajemen Pembelajaran Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Madrasah.” Tafáqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman 4, No. 1 (June 1, 2016): 43–56. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v4i1.54.

Emzir, Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Husain, Umar. Riset Pemasaran dalam Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia, 2002.

Kompri. Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Edisi pertama, Cetakan ke-1. Rawamangun, Jakarta: Prenadamedia Group, Divisi Kencana, 2018.

Nuryanto, Slamet. “Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto.” Jurnal Kependidikan 5, No. 1 (May 31, 2017): 115–29. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1260.

Sa’adah, Khamidah Rovi’atun Nur. “Model Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren di MI PAS Baitul Qur’an Gontor.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2018. http://etheses.iainponorogo.ac.id/4865/1/MODEL%20MANAJEMEN%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20BERBASIS%20PESANTREN%20DI%20MI%20PAS.pdf.

Schults, Duane. Psikologi Pertumbuhan: Model-Model Kepribadian Sehat. Yogyakarta: Kanisus, 1991.

Sugiarta, I Made, Ida Bagus Putu Mardana, Agus Adiarta, and Wayan Artanayasa. “Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (tokoh Timur).” Jurnal Filsafat Indonesia 2, No. 3 (September 20, 2019): 124. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187.

Terry, George R. George R. Terry Dalam Sutopo, Administrasi dan Organisasi (Jakarta: Lembaga Administrasi Negara. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara, 1999.

“UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003.” Bandung, Citra Umbara, 2003.

Published
2023-04-18
How to Cite
Khabibah, S. (2023). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Program Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh Baitul Quran. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(01), 13-24. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i01.1544