Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Lingkungan Pesantren

  • Ani Kurniawati IAIN Ponorogo
  • Evi Muafiah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Keadilan Gender, Kesetaraan Gender, Pensantren

Abstract

Isu mengenai keadilan dan kesetaraan gender masih menjadi isu yang sensitif untuk dibahas dalam Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, contohnya pada Lembaga pondok pesantren. Anggapan bahwa perempuan tidak memiliki kesempatan yang sama seperti laki-laki karena adanya tradisi sosial yang telah mendarah daging dan masih dipegang teguh sehingga perempuan masih dikucilkan ketika memberikan pendapat. Hal ini tentu menjadi perhatian di beberapa pesantren seperti di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi ini bertujuan untuk mengelaborasi implementasi keadilan dan kesetaraan gender di pondok pesantren tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo telah menerapkan nilai keadilan dan kesetaraan gender dalam kegiatan sehari-hari. Hal tersebut diketahui melalui wawancara kepada pengasuh dan santri mengenai pemahaman keadilan dan kesetaraan gender, kemudian berbagai kegiatan yang ada di pondok tersebut menggambarkan bahwa tidak adanya ketimpangan gender yang terjadi.

References

Ahdiah, Indah, ‘Peran-Peran Perempuan Dalam Masyarakat’, 05.02 (2013), 1085
Bagong Yuryanto, Dwi Narwoko, Sosiologi Teks Pengantar Dan Terapan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004)
Denzin, Norman K., Qualitative Inquiry under Fire: Toward a New Paradigm Dialogue (Walnut Creek, Calif: Left Coast Press, 2009)
Hamdanah, Musim Kawin Di Musim Kemarau; Studi Atas Pandangan Ulama Perempuan Jember Tentang Hak-Hak (Yogyakarta: BIGRAF Publishing, 2005)
Hasan, Bahrudin, ‘Gender Dan Ketidak Adilan’, Journal Signal, 7.1 (2019), 46–69
Ismail, Zulkifli, Melanie Pita Lestari, Panti Rahayu, and Fransiska Novita Eleanora, ‘Kesetaraan Gender Ditinjau Dari Sudut Pandang Normatif Dan Sosiologis’, SASI, 26.2 (2020), 154
Isnanto, Waryono Abdul G. dan Muh., Isu-Isu Gender Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah (Yogyakarta: PSW UIN Suka, 2004)
Iswah Adriana, ‘Kurikulum Berbasis Gender’, 4.1 (2009), 138
Jauhari, Najib, and Siti Malikah Thowaf, ‘Kesetaraan Gender Di Pesantren Dalam Kajian Literatur’, Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 13.2 (2019), 179
Magdalena, R., ‘Kedudukan Perempuan Dalam Perjalanan Sejarah (Studi Tentang Kedudukan Perempuan Dalam Masyarakat Islam)’, Harakat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2.1 (2017) [accessed 28 December 2022]
Mattew B Milles, A.M Huberman, and Johnny Saldana, Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook, 3rd edn (USA: Sage Publication, 2014)
Naasaruddin Umar, Argumen Kesetaraan Gender (Jakarta: Dian Rakyat)
Nasional, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (KBBI) (Jakarta: Balai Pustaka, 2005)
Rokhimah, Siti, ‘Patriarkhisme Dan Ketidakadilan Gender’, MUWAZAH: Jurnal Kajian Gender, 6.1 (2014)
Syafe’i, Imam, ‘Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8.1 (2017), 61
Umar, Narasudin, Argumen Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Alqur’an (Jakarta: Paramida, 2005)
Published
2023-05-09
How to Cite
Kurniawati, A., & Muafiah, E. (2023). Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Lingkungan Pesantren. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(01), 25-36. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i01.1478