Strategi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Tahfizh Al Furqon Ponorogo

  • Ariska Candra Yuliana IAIN Ponorogo
  • Verian NVerian Nurhuda Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Mambaul Ngadhimah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Umar Sidiq Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: komunikasi efektif, pembelajaran anak usia dini, strategi komunikasi

Abstract

Pembelajaran pada anak usia dini dikatakan berhasil apabila tujuannya telah tercapai maksimalnya sesuai dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak. Beragam cara penerapan pembelajaran anak usia dini khususnya di lingkungan sekolah telah dilakukan oleh guru. Mengingat peran sentral guru dalam memaksimalkan pembelajaran anak usia dini, diperlukan bentuk komunikasi yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak. Komunikasi efektif merupakan bentuk komunikasi positif sebagai sarana dalam mewujudkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. RA Tahfizh Al Furqon Ponorogo menjadi kajian peneliti dalam menerapkan komunikasi efektif anak usia dini. Dengan menerapkan komuniasi efektif diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak. Kenyamanan dan keamanan anak usia dini dibutuhkan dalam mempermudah dan memaksimalkan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi efektif dalam pembelajaran anak usia dini di RA Tahfizh Al Furqon Ponorogo. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus di RA Tahfizh Al Furqon Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam dan observasi. Teknik analisis dengan model interaktif yang dilakukan dengan empat tahapan, yaitu : pengumpulan data, display data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti ini menghasilkan temuan : (1) penerapan strategi komunkikasi efektif dalam pebelajaran di RA Tahfizh Al Furqon Ponorogo. (2) Implikasi komunikasi dalam meningkatkan citra RA Tahfizh Al Furqon Ponorogo.  

 

References

Hurlock, Elizabeth B. 2002. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.
Imam Agus Faisal, Vava. 2019. Implementasi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Rumah Citta Yogyakarta. Jawa Tengah : UNSIQ. Jurnal Al Qalam. Volume 20 Nomor 1.
Jalil, Arifuddin dan Abdul Rahman Syaputra Batubara. Strategi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Berbasis TIK pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar. Batam : STIT Internasional Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Pendidikan Bahasa Arab.
Kriyantoro, Rachmat. 2006. Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana.
Malik, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.
Moelong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Qalyubi, Shihabuddin. 2007. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta : Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Widiatusi, Tuti. 2017. Analisis Elaboration Lieklihood Model dalam Pembentukan Personal Branding Ridwan Kamil di Twitter. Jakarta : Universitas Bakrie. Jurnal ASPIKOM. Volume 3 Nomor 3.
Published
2023-07-10
How to Cite
Ariska Candra Yuliana, Verian NVerian Nurhuda, Mambaul Ngadhimah, & Umar Sidiq. (2023). Strategi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Tahfizh Al Furqon Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(01), 181-192. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i01.1469