Manajemen Pembelajaran Tahfizul Qur’an Di MTsN 3 Ponorogo Era Pandemi Covid-19

  • muhammad sholikin sholikin Pascasarjana IAIN Ponorogo
  • Dhinuk Puspita Kirana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Manajemen, Pembelajaran, Pandemi, Tahfizul Qur’an

Abstract

Menghafal Al-Qur’an bukanlah hal yang sederhana dan tidak bisa dilakukan kebanyakan orang tanpa meluangkan waktu khusus. MTsN 3 Ponorogo merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran Tahfizul Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Perencanaan Pembelajaran tahfiz di MTsN 3 Ponorogo. (2) Pengorganisasian Pembelajaran tahfiz di MTsN 3 Ponorogo (3) Pelaksanaan Pembelajaran tahfiz di MTsN 3 Ponorogo. (4) Evaluasi Pembelajaran tahfiz di MTsN 3 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data penelitian ini menghasilkan temuan bahwa dalam Perencanaan Manajemen Pembelajaran Tahfizul Qur’an di MTsN 3 Ponorogo yakni komponen Standar Kompetensi atau Kompetensi Inti belum dicatumkan, pengorganisasian pembelajaran Tahfizul Qur’an dalam memberikan fasilitas kelengkapan pembelajaran, kedudukan guru untuk menentukan dan mendesain dalam pembelajaran sesuai dengan Konsekuensi dari Surat Keputusan Kepala Madrasah, pelaksanaan pembelajaran Tahfiẓul Qur’an dilakukan secara daring dengan memanfaatkan akses internet, menggunakan media handphone melalui pesan group whatsApp, Hasil evaluasi program pembelajaran Tahfiẓ Al-Qur’an terkait Perencanaan, organisasi, pelaksanaan dan evaluasi ada yang terlaksana dengan baik ada juga yang belum dan akan melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Dan Pengunaan internet melalui pesan group whatsApp di MTsN 3 Ponorogo juga memiliki dampak positif dan negatif bagi guru maupun siswa.

References

Abdul Aziz Abdul Rauf, Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur‟an Da‟iyah, (Bandung: Pt Syaamil Cipta Media, 2004), Cet. 4.
Ahsin, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur‟an, Ed. 1, Cet. III (Jakarta: Bumi Aksara,2005). Suparlan, 2013. Manajemen Berbasis Sekolah dari Teori sampai dengan Praktek. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Aji Syah Halal Rizqon, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran”, Jurnal Budaya Sosial dan Syar’I, Volume 07 Nomor 05, (Jakarta: FSH UIN Syarif Hidayatullah 2020).
Sagala, Syaiful. (2013). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Pidarta, Made. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitaif dan Kualitatif), Jakarta: GP.
Press, 2009.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XXV (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2008)
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Published
2022-12-07
How to Cite
sholikin, muhammad sholikin, & Dhinuk Puspita Kirana. (2022). Manajemen Pembelajaran Tahfizul Qur’an Di MTsN 3 Ponorogo Era Pandemi Covid-19. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(02), 189-202. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i02.1219