Integrasi Program Adiwiyata Dengan Dimensi Manajerial Sekolah Di SMPN 1 Lembeyan Magetan

  • Sulastri Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • AB. Musyafa’ Fathoni Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Integrasi, Program Adiwiyata, Dimensi Manajerial Sekolah

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya sikap kurang peduli lingkungan di kalangan masyarakat terutama kaum remaja. Dalam hal ini peran sekolah sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter peduli lingkungan siswa, untuk menyikapi hal tersebut sekolah mengimplementasikan program adiwiyata. Namun dalam menerapkan program tersebut sekolah harus mampu mengintegrasikan program adiwiyata dengan seluruh aspek manajerial sekolah, agar semua dapat terlaksana dengan lancar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan latar belakang sekolah menerapkan adiwiyata, dan menguraikan implikasi adiwiyata terhadap aspek manajerial sekolah, serta mengetahui cara sekolah dalam menyinkronisasikan program adiwiyata dengan aspek manajerial sekolah. Temuan yang diperoleh, dalam melaksanakan program adiwiyata dilatarbelakangi oleh adanya instruksi dari dinas pendidikan, maka dari itu adiwiyata di SMPN 1 Lembeyan bisa dikatakan sebagai bentuk kebijakan top down. Penerapan program adiwiyata berimplikasi pada dimensi manajerial sekolah yang bersifat penambahan, perubahan dan pengurangan. Upaya yang dilakukan sekolah dalam menyinkronisasi program adiwiyata dengan aspek manajerial sekolah dilakukan dengan beberapa bentuk di antaranya adalah dengan melakukan akulturasi, penempatan, identifikasi dan interaksi.

References

Bahrudin, Mohammad Dendy Fathurahman. “Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di SMA Negeri 4 Pandeglang.” Pendidikan Geografi 17, no. 1 (2017): 29.
C. Bogdan Robert, & Sari Knopp Biklen. Qualitative Research for Education; An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc, 1982.
Catra Rahmadhani Putri, Sulasminten. “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Berbasis Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Gresik” 3, no. 3 (2014): 1–8.
Gunawan, Wawan. “Rehabilitasi Dan Restorasi Kawasan Hutan: Menyelaraskan Prinsip Dan Aturan.” Balai Penelitian Teknologi Konservasi SDA Badan Penelitian Dan Pengembangan Kehutanan, 2014.
Hariyanto, Moh. Arief. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Adiwiyata Di Sekolah Menengah Kejuruan.” EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 13, no. 1 (2019): 81–101.
Huberman, Matthew B.Miles dan A.Michael. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications, 1994.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Lexy, Moeloeng J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.
Maryani, Endah Riyanti dan Ika. “Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di SD Muhammadiyah Bodon Kotagede.” Fundamental Pendidikan Dasar 2, no. 3 (2019): 109–16.
Nurdyansyah, N & Andiek, W. Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2017.
Nurhayati, Ela. “Implementasi Kurikulum Berbasis Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata: Studi Kasus Si SMP Negeri 16 Surabaya.” Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no. 2 (2015): 3.
Slamet Sugianto, Nurkolis, Ngasbun Egar. “Manajemen Sekolah Adiwiyata Di Smk Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal” 8, no. April (2019): 22–34.
Tompodung, Tirza Carol Gracia, Siti Badriyah Rushayati, and M. Nur Aidi. “Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok.” Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management) 8, no. 2 (2018): 170–77.
Published
2022-11-19
How to Cite
Sulastri, & AB. Musyafa’ Fathoni. (2022). Integrasi Program Adiwiyata Dengan Dimensi Manajerial Sekolah Di SMPN 1 Lembeyan Magetan. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(02), 123-136. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i02.1216