Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Masa New Normal Covid-19 di SDN Krajan 3 Kabupaten Magetan

  • Ahmad Fathoni Ihsan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Basuki
Keywords: kesulitan belajar, strategi pembelajaran, pembelajaran masa new normal

Abstract

Dalam pembelajaran harus mempunyai strategi pembelajaran karena menjadi suatu cara pengorganisasian isi pelajaran, pemnyampaian pelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang digunakan yaitu menggunakan Gerakan literasi dan numerasi merupakan pengetahuan dan kecakapan memahami suatu pernyataan, melalui aktivitas dalam memanipulasi simbol atau bahasa. Bedasarkan gambaran umum yang telah dijelaskan maka tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tentang strategi sekolah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Untuk mengetahui tentang faktor pendukung dan faktor penghambat proses penerapan strategi pembelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Untuk mengetahui tentang dampak penerapan strategi pembelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif serta menggunakan pendekatan studi kasus. Data yang di dapat pada penelitian ini berupa kata-kata dari hasil wawancara dan berupa Tindakan dari hasil observasi. Adapun sumbernya data adalah kata-kata hasil wawancara, data berkenaan tindakan-tindakan  diperoleh dari hasil observasi, dan sumber data lainnya dari dokumen  dari hasil dokumentasi. Data yang didapat yaitu tentang proses pembelajaran dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pelaksanaan pebelajaran yang diterapkan ada beberapa strategi yang digunakan oleh pendidik salah satunya dengan penerapan strategi gerakan literasi dan numerasi untuk mengatasi kesulitan dalam membaca, menulis dan menghitung. Dalam penerapan Pelaksanaan program literasi numerasi di masa New normal dengan cara tiga tahapan yaitu :Tahap pembiasaan, Tahap pengembangan dan Tahap pembelajaran. Kemudian penerapan strategi gerakan literasi dan numerasi tetap dilanjutkan sampai sekarang dan diakhiri dengan melakukan tahap evaluasi,  sehingga dengan penerapan gerakan literasi numerasi di masa new normal bisa meningkatan kemampuan peserta didik dalam pengembangan nilai karakter dan mampu meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan menghitung serta bisa mengkatkan nilai kognitif dan psikomotor peserta didik.

References

Ali Mustadi. “Landasan Pendidikan Sekolah Dasar,” 40–41. Yogyakarta: UNY Press, 2020.

Anitah, Sri. “Strategi Pembelajaran.” Jakarta: Universitas Terbuka, 2007, 1–12. https://bit.ly/DOI3E2v379.

Asrori, Mohammad. “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.” Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 5, no. 2 (2013): 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301.

Darmansyah. “Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor,” 17–20. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2021.

Ekowati, Dyah Worowirastri, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, Innany Mukhlishina, and Beti Istanti Suwandayani. “Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3, no. 1 (2019): 93–103.

Fitriana, Evi, and Muhamad Khoiri Ridlwan. “PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR,” 2021.

Hidayah, Rohmatun Nurul. “Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara.” Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 9, no. 2 (2015): 249–58. https://bit.ly/DOI3vahMFc.

Ibu Amin Erawati. Desain Penerapan Strategi Pembelajaran, Ruang Kantor, 02/W/27-I/2022, .

Ibu Amin Erawati. Faktor Penghambat, Kesulitan Belajar Siswa tentang faktor internal dan eksternal, Ruang Kantor, 02/W/27-I/2022, .

Ibu Amin Erawati. Kesulitan Belajar Siswa, Ruang kantor, 02/W/27-I/2022, .

Ibu Anggi Nur. Implikasi Penerapan Strategi Pembelajaran, Ruang Kantor, 01/W/27-I/2022, .

Ibu Anggi Nur. Kesulitan Belajar Siswa, Ruang Kantor, 01/W/27-I/2022, .

Ibu Ida Nurjanah. Perencanaan Pelaksanaan Strategi Pembelajaran, Ruang Kepala Sekolah, 03/W/13-I/2022, .

Ibu Sriyani. Perencanaan Pelaksanaan Strategi Pembelajaran, Ruang Kepala Sekolah, 01/W/10-I/2022, .

Ibu Suminem. Implikasi Penerapan Strategi Pembelajaran, Rumah, 01/W/2-II/2022, .

Ibu Sunarsih. Faktor Penghambat, Kesulitan Belajar Siswa tentang terbatasnya waktu belajar, Ruang Kantor,03/W/27-I/2022, .

Ibu Suprihatin. Faktor Pendukung, Sarana Prasarana Sekolah, Ruang Kantor,01/W/13-I/2022 .

Ibu Suprihatin. Perencanaan Pelaksanaan Strategi Pembelajaran, Ruang Kepala Sekolah, 01/W/13-I/2022, .

Ibu Temu Sugiyani. Faktor Pendukung, Satuan Tugas Covid19, Ruang Kantor, 02/W/13-I/2022, .

Ibu Temu Sugiyani. Tahap Evaluasi Pelaksanaan Strategi Pembelajaran, Ruang Kepala Sekolah, 02/W/13-I/2022, .

Isrok’atun, and Amelia Rosmala. “Model-Model Pembelajaran Matematika,” 27–32. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2019.

Istiq’faroh, Nurul. “Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia.” Lintang Songo: Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (2020): 1–10. https://bit.ly/DOI3xijnMc.

Khakima, Lilis Nurul, Leni Marlina, and Siti Fatimah Az Zahra. “Penerapan Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Siswa MI/SD.” In SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1:775–92, 2021.

Pupuh Fathurrohman, and Sobry Sutikno. “Strategi Belajar Mengajar,” 113–15. Bandung: PT Refika Aditama, 2010.

Rudi Ahmad Suryadi, and Aguslani Mushlih. “Desain Dan Perencanaan Pembelajaran,” 14–15. Sleman: CV Budi Utama, 2019.

Saitya, Imaduddin. “Pentingnya Perencanaan Pembelajaran Pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.” PIOR: Pendidikan Olahraga 1, no. 1 (2022): 9–13. https://bit.ly/DOI3E1xir3.

Sholeh, Abdul. “Implementasi Pendekatan Home Visit Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemic Covid–19.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 5, no. 1 (2021): 80–89. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i1.5155.

Published
2022-11-10
How to Cite
Ahmad Fathoni Ihsan, & Basuki. (2022). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Masa New Normal Covid-19 di SDN Krajan 3 Kabupaten Magetan. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(02), 45-56. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i02.1211