Mutu Layanan Pendidikan Madrasah (Penelitian Pelayanan Terpadu Satu Pintu di MTsN 1 Ponorogo)

  • Rifqi Nashrul Fuad Amrulloh Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Ahmadi Ahmadi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Mutu Layanan, Layanan Pendidikan, PTSP

Abstract

Mutu layanan pendidikan madrasah sangat penting bagi pemerintah dan masyarakat. Salah satu permasalahan madrasah yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah rendahnya kualitas layanan di semua jenis dan jenjang pada lembaga pendidikan. Berbagai upaya telah ditempuh untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan madrasah, diantaranya dengan berbagai pelatihan bagi pendidik dan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan, pengadaan bahan baca, perbaikan sarana penunjang dan prasarana. Akan tetapi peningkatan kualitas layanan pendidikan madrasah belum menampakkan hasil yang signifikan dan menyeluruh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, adalah penelitian yang menggambarkan atau memaparkan data yang diperoleh peneliti yang berkaitan dengan pembahasan tentang mutu layanan pendidikan madrasah di MTsN 1 Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan 3 tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode.  Berdasarkan proses pengumpulan dan analis data, Penulis menghasilkan: 1. Perencanaan mutu layanan pendidikan madrasah dilakukan dengan penetapan arah mutu prima, strategi mencapai mutu prima, dan penetapan strategi mencapai mutu prima. 2. Pelaksanaan mutu layanan pendidikan madrasah berfokus terhadap pemenuhan kebutuhan pembelajaran, pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), pelayanan berbasis digital, serta pelayanan sarana dan prasarana. 3. Peningkatan mutu layanan pendidikan madrasah berfokus terhadap peningkatan sistem layanan, peningkatan progam layanan pendidikan, peningkatan mutu tenaga kependidikan/nonkependidikan, dan peningkatan sistem layanan digital. 4. Evaluasi mutu layanan pendidikan madrasah dilakukan dengan memberikan pengawasan secara langsung yang dilakukan kepala madrasah dengan terjun ke lapangan, evaluasi secara personal, evaluasi secara rapat dinas setiap sebulan sekali, evaluasi progam-progam madrasah, dan evaluasi kualitas layanan dengan memberikan reward kepada tenaga pendidik, karyawan dan tenaga/staf administrasi.

References

Barokah. “Hubungan Kualitas Layanan Administrasi Pendidikan Dengan Kepuasan Pelanggan Di Sdit Nurul Huda Padangan Bojonegoro.” Skripsi. Surabaya: 2021.

Daniel, Robith. “Strategi Pelayanan Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan (Studi Kasus Di Sma Nurul Jadid Paiton Probolinggo.” Tesis. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. 2021.

Hasbi. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Peserta Didik di MTs Negeri 1 Model Palembang.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 3, Nomor 1, Mei 2018/1439, 2018.

Priansa, “Manajemen Pelayanan Prima fukos pada organisasi publik dan Peningkatan Kualitas Aparatur.” Bandung: Alfabeta. 2017.

Supriyanto, Agus Aswandi dan H.M. Chiar, “Manajemen Mutu Layanan Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Karya Sekadau”, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Vol 6, No 2 (2017): accessed Nov 07, 2021

Jamaluddin, “Manajemen Mutu Teori dan Aplikasi pada Lembaga Pendidikan.” Jambi. Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (Pusaka). 2017.

Jamaludin. “Manajemen Mutu Layanan Akademik.” Jambi: Salim Media Indonesia (AnggotaIKAPI). 2018.

Miles, M.B., & Huberman, A.M. “Analisis data Kualitatif.” Jakarta: Multi Karya Grafika. 2014.

Mulyadi, dkk. “Administrasi Publik Untuk pelayanan Publik.” Bandung: Alfabeta, 2018.

Roziqin, Budi. “Sistem Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Pelaksana Pendidikan Islam di MAN 3 Kediri.” Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam. Volume 2, Nomor 1, Maret 2021.

Sugiyono. “Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Bandung: Alfabeta, 2017.

Tjiptono, Fandy. “Prinsip-Prinsip Total Quality Service.” 85.

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama), 2008.

Widodo. “Pengembangan Budaya Mutu Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan Di Madrasah.” Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. Vol 3 No. 24, Juni 2022

Published
2022-11-09
How to Cite
Rifqi Nashrul Fuad Amrulloh, & Ahmadi Ahmadi. (2022). Mutu Layanan Pendidikan Madrasah (Penelitian Pelayanan Terpadu Satu Pintu di MTsN 1 Ponorogo). Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(02), 29-44. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i02.1210