Strategi Bersaing Mewujudkan Madrasah Unggul (Studi di Mts Negeri 2 Ponorogo)
Abstract
Peranan kepala sekolah atau madrasah menjadi tokoh penting dalam setiap hal yang berhubungan dengan suksesnya pendidikan di lembaganya. Mewujudkan inovasi strategis didukung dengan pemikiran terbuka pada perubahan apapun, artinya sebagai pemimpin yang visioner harus mampu menemukan cara baru di luar kebiasaan umum. Dalam bidang apapun, orang yang sudah terbiasa melakukan sesuatu mengikuti kebiasaan umum, sudah pasti cara yang digunakan adalah cara biasa, sehingga bisa jadi mati layu sebelum berkembang. Latar belakang adanya program yang ada di MTsN 2 Ponorogo berdasarkan UU No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan diterapkannya manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam kebijakan dan reformasi pendidikan, dengan ini menjadikan perubahan paradigma pendidikan dari sentralistik ke desentralisasi, dari pola penyelenggaraan pendidikan yang bersifat birokratis, hirarkis, menuju demokratis. Mengacu pada aturan tersebut, maka MTsN 2 Ponorogo mengupayakan berbagai perubahan pendidikan tradisional menuju pendidikan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi program-program unggulan sebagai perwujudan madrasah yang kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian studi kasus. Adapun hasil penelitian menunjukkan keberhasilan MTsN 2 Ponorogo dalam membina bakat dan minat siswa menjadikannya sebagai madrasah unggul yang diperhitungkan masyarakat, dilihat dari: a) Pencapaian skor akreditasi lembaga dengan predikat A; b) Perbaikan kualitas sikap siswa melalui kegiatan ma’had dan pembiasaan perilaku baik sehari-hari; c) Meningkatnya prestasi siswa, secara akademik maupun non akademik, selain itu kualitas lulusannya dapat diperhitungkan; d) Pengadaan program unggulan; dan e) Inovasi kurikulum
References
Affifuddin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Akdon. Strategic Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta, 2016.
Baharun, Hasan, dan Zamroni. Manajemen Mutu Pendidikan: Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Balanced Scorecard. Tulungagung: Akademia Pustaka, 2017.
Departemen Agama. Desain Pengembangan Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004.
Isjoni. Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006.
Jamin, Ahmad. “Pendidikan Islam Sebagai Sebuah Sistem (Transformasi Input Menuju Output Yang Berkarakter).” Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 15, no. 2 (2015): 181. https://doi.org/10.32939/islamika.v15i2.47.
Karsono, Karsono, Purwanto Purwanto, dan Abdul Matin Bin Salman. “Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7, no. 2 (5 Juli 2021): 871. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649.
Miftachurrohman, Achmad Sunani, dan Atika Atika. “Manajemen Lembaga Pendidikan Berorientasi Mutu Di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Madrasah 3, no. 2 (13 Desember 2018): 473–80. https://doi.org/10.14421/jpm.2018.32-17.
Muflihah, Anik, dan Arghob Khofya Haqiqi. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah.” Quality 7, no. 2 (31 Desember 2019): 49. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039.
Muhaimin. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Musfiqon, M., dan Hadi Islamto. Kepemimpinan Sekolah Unggul. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015.
Novidiantoko, Dwi. Praktis Penelitian Kualitatif: Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Poerwati, Endang, dan Beti Istanti Suwandayani. Manajemen Sekolah Dasar Unggul. Malang: UMM Press, 2020.
Rosyada, Dede. Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. 1. Depok: Kencana, 2017.
Shobron, Sudarno, dan Feri Akhyar. “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah Menengah Pertama di Surakarta,” Profetika: JUrnal Studi Isam, 19, no. 1 (2018): 37.
Syah, Ina Fauziana. “Analisis Mutu Madrasah Unggulan di Aceh: Studi di Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa (MA RIAB) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Banda Aceh,” Jurnal Didaktika, 17, no. No. 1 (2016): 56.
Tholkhah, Imam. “Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah: Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Negeri Madiun.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 14, no. 2 (Agustus 2016): 246.
Copyright (c) 2022 Excelencia: Journal of Islamic Education & Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.