تطوير المواد التعليمية لمادة القواعد المؤسسة على كتاب الأجرومية لعبد الله محمد ابن محمد بن داود الصنهاجي
Abstract
Salah satu Madrasah Diniyah Islam yang besar di daerah Ponorogo adalah Madrasah Diniyah Al-Muslimun Ngumpul Balong, Ponorogo yang bertempat dan dibawah naungan Pondok – Pesantren. Berdasarkan pada pemikiran tersebut peneleti mengembangkan kitab matan al-ajurrumiyah karena kitab ini penjelasannya global, contoh nya sedikit dan juga membutuhkan penjelasan yang lebih terperinci. Maka berangkat dari hal tersebut peneliti akan membahas sebuah penelitian dengan judul : Pengembangan Materi Ajar Untuk Materi Qowaid Berdasarkan Pada Kitab Al-Ajurrumiyah Karya Abdullah Muhammad Bin Muhammad Bin Dawud As-Sonhaji Di Madrasah Diniyah Al-Muslimun, Ngumpul, Balong, Ponorogo, Peneliti menggunakan jenis penelitian pada penelitian ini berdasarkan jenis penelitian Research and Development menurut dick and carrey. Dan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwaspesifikasi materi ajar yang dikembangkan pada materi qowaid berdasarkan kitab al-ajurrumiyah adalah sampul, kata pengantar, langka-langkah penggunaan buku ajar yang dikembangkan, transliterasi, pengarang kitab, dan daftar isi. Selanjutnya untuk tahap penerapan terdapat : analisis pembelajaran, matan, terjemah, penjelasan, contoh-contoh, latihan-latihan, ujian, dan kosakata. Sedangkan untuk pembagian Sub Babnya terbagi menjadi 3 bagian kelas 1, 2 dan 3 untuk kelas 1 Babnya mulai Bab kalam sampai Bab mubtada’ khobar. Untuk kelas 2 mulai bab amil nawasikh sampai masdar, sedangkan kelas 3 mulai Bab Dzorof sampai makhfudlotil asma’. sedangkan efektifitas materi ajar yakni penilaian ahli terhadap materi ini adalah sangat baik dengan nilai 3,81 dari 5 atau 76,25% dari 100 %. Dan hasil respon siswa terhadap materi ini juga sangat baik dengan nilai 4,13 dari 5 atau 82, 64 % dari 100 %. Kemudian hasil T-test untuk tingkat kesalahan 5% t๐= 13,539 dan tt = 2,07 maka t๐ > tt dan Ho ditolak dan Ha diterima. untuk tingkat kesalahan 10% t๐= 13,539 dan tt = 2,82 maka t๐ > tt dan Ho ditolak dan Ha diterima. karena ditemukan perbedaan antara hasil pretest dan posttest dengan keadaan sebelum dan sesudah penggunaan buku maka buku ajar yang dikembangkan memiliki efektivitas yang sangat baik.
Copyright (c) 2022 Excelencia: Journal of Islamic Education & Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.