Implementasi Operant Conditioning sebagai Inovasi dalam Budaya Mutu Sekolah

  • Ahmad Ansor Ridwani IAIN Ponorogo
  • Mukhibat IAIN Ponorogo
Keywords: Operant conditioning, Inovasi, Budaya mutu

Abstract

Fenomena Covid-19 sangat berimbas besar dalam dunia pendidikan di Indonesia. Dengan tidak adanya interaksi antar warga sekolah, secara tidak langsung budaya mutu sekolah terganggu dan bahkan terhenti karena budaya mutu sekolah secara umum membutuhkan interaksi antar warga sekolah. Jika budaya mutu sekolah terganggu, maka kualitas sekolah juga akan berpengaruh. Agar kualitas mutu sekolah tetap terjamin, maka perlu adanya inovasi dalam pelaksanaan budaya mutu sekolah. Strategi operant conditioning menjadi salah satu solusi dari permasalahan keterbatasan waktu dan interaksi pada budaya mutu sekolah dimasa pandemi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: (1) strategi operant conditioning dalam budaya mutu sekolah. (2) implemetasi operant conditioning dalam budaya mutu sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Operant conditioning  dalam budaya mutu sekolah dapat menggunakan beberapa strategi antara lain: penerapan kebijakan, dan penggunaan sistem online. Penerapan kebijakan dapat menggunakan beberapa hal antara lain: penggunakan SOP, pembiasaan New Normal, dan perubahan sistem pembelajaran. Penggunaan sistem online dapat dilakukan dengan beberapa tindakan antara lain: penggunaan platform Whatsapp sebagai media interaksi dan sarana pendekatan emosional, penggunaan situs Masterweb sebagai inovasi dalam pelaksanaan budaya sekolah. (2) Implementasi inovasi operant conditioning dalam budaya mutu sekolah dapat menggunakan 4 sistem pengondisian yaitu: penguatan positif (positif reinforcement), penguatan negatif  (negatif reinforcement), hukuman negatif (negative punishment), hukuman positif (positif punishment). Semua memiliki dampak positif yang ditimbulkan antara lain: meningkatkan nilai religius, nasionalis, cinta lingkungan, sopan santun dan disiplin.

References

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa.Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Arcaro, Jerome S. 2007. Pendidikan Berbasis Mutu. Prinsip - Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asrori, Mohammad.2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Boeree, George. 1998.Personalyty Theories. New York: Psychology Department Shippensburg University.

Basri, Muhammad. 2011.“Budaya Mutu Dalam Pelayanan Pendidikan.” Vol. I, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Dalyono. 2001.Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Desi Eri.Kusumaningrum, Raden Bambang Sumarsono dan Imam Gunawan.2019.“Budaya Sekolah dan Etika Profesi: Pengukuran Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sekolah dengan Pendekatan Soft Sistem Methodology.” Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan.

Mohammad Daud Ali, Habibah Daud. 1995. Lembaga-Lembaga Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Matthew B. Miles, A. M. Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook, 2nd ed. Thousand Oaks: Sage Publications.

Pusat Bahasa (Indonesia), ed. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed. 3 Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional : Balai Pustaka.

Risdamayanti.“Kreativitas Guru Dalam Pembelajran Daring Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Ponorogo,”. http://etheses.iainponorogo.ac.id/13990/. 202

Skinner,B.F. 1903. Behavior of Organisms An Experimental Analysis. New York : D.Apletton-Century Company, inc.

Sarana Prasarana. Diakses 9 April 2022. https://smkn2ponorogo.sch.id/?p=info&id=4.

Skinner, B.F.2005. Science And Human Behavior. Massachusetts: The B.F. Skinner Foundation.

Salusu, J. 2006. Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Visi Misi. Diakses 9 April 2022. https://smkn2ponorogo.sch.id/?p=info&id=3.

W. David Pierce, Carl D, Cheney..Behavior Analysis And Learnig. London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.2004

Zamroni..Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural, Cet. 1. Jakarta: Gavin Kalam Utama.2011.

Published
2022-11-23
How to Cite
Ridwani, A. A., & Mukhibat. (2022). Implementasi Operant Conditioning sebagai Inovasi dalam Budaya Mutu Sekolah. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(02), 153-164. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i02.1199