FUNGSI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF KIAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Ponorogo

  • Muhammad Safebriyansyah IAIN PONOROGO
  • Ahmad Munir
Keywords: kepemimpinan kolektif, kepemimpinan kyai, kualitas pendidikan

Abstract

Kepemimpinan kolektif yang diterapkan di pondok pesantren adalah kepemimpinan secara bersama-sama oleh para (dewan Kiai sepuh) dari garis kekerabatan (dzurriyyah) dalam suatu organisasi di pondok pesantren. Kepemimpinan kolektif di Pondok Pesantren Thoriqul huda diturunkan kepada anak perempuan beserta anak manantu dengan latarbelakang yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: (1) fungsi instruktif, (2) fungsi konsultatif, dan (3) fungsi partisipasi kepemimpinan kolektif kiai dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Thoriqul Huda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitiatif dengan jenis studi kasus dan menghasilkan: (1) Fungsi instruktif kepemimpinan kolektif untuk memberikan motivasi, bimbingan dan arahan. (2) Fungsi konsultatif kepemimpinan untuk pengambilan keputusan yang dilakukan dengan secara bermusyawarah bersama (kolektif). (3) Fungsi partisipasi kepemimpinan kolektif untuk mengaktifkan orang-orang yang dipimpinnya agar dapat ikut serta dalam berbagai kegiatan.

Published
2021-07-13
How to Cite
Safebriyansyah, M., & Ahmad Munir. (2021). FUNGSI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF KIAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(01), 55-64. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i01.113