تحليل محتوى كتاب "دروس اللغة العربية لغير الناطقين بـها" لعبد الرحيم (دراسة تحليلية مبنية على نظرية ماجكي (Mackey’s Theory)

  • Liesty Fridari Yany IAIN Ponorogo
  • M. Miftahul Ulum
Keywords: Analisis isi; Bahan ajar; Teori Mackey

Abstract

Bahan ajar yang sangat diperlukan baik bagi guru maupun siswa adalah buku teks. Teori Mackey menyatakan bahwa buku teks harus memenuhi empat syarat yaitu seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi materi. Salah satu buku teks yang paling terkenal adalah Duruus al Lughah al Arabiyyah li Ghairi an Nathiqiina Bihaa karya Abd al-Rahim. Buku ini digunakan untuk mengajar bahasa Arab dalam program I’dad Lughawy di Universitas Islam Madinah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian antara isi buku tersebut dengan teori Mackey. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah analisis buku teks.. Dan penggunaan teknik analisis data berupa analisis isi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Materi buku sesuai dengan kriteria seleksi materi teori mackey ditinjau dari tujuan program, tingkat kemampuan siswa, dan jenis bahasa yang digunakan. 2) Gradasi dalam pengelompokan materi buku ini sudah memadai dengan menggunakan pengelompokan struktural dan pengelompokan semantik pada aspek pengelompokan materi berdasarkan fungsi, tetapi tidak menggunakan pengelompokan berdasarkan situasi. Dari segi pengurutan, materi buku ini sesuai dengan prinsip psikologi pendidikan, yaitu penyusunan materi dari umum ke khusus. 3) Presentasi materi yang digunakan adalah prosedur ostensif, prosedur pictoral, prosedur kontekstual. Buku ini tidak menggunakan prosedur diferensiasi karena materi dalam buku ini seluruhnya berbahasa Arab dan tidak ada bahasa ibu peserta didik.  4) Pada segi repetisi, setelah hiwar, qira’ah dan kitabah ada latihan yang berhubungan dengan materi, dan dari sisi istima’, peneliti tidak menemukan materi yang berhubungan dengan menyimak, sehingga buku ini tidak mengandung repetisi materi istima’.

Published
2021-07-27
How to Cite
Yany, L. F., & M. Miftahul Ulum. (2021). تحليل محتوى كتاب "دروس اللغة العربية لغير الناطقين بـها" لعبد الرحيم (دراسة تحليلية مبنية على نظرية ماجكي (Mackey’s Theory). Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(01), 109-123. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i01.106