https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/edumanagerial/issue/feed Edumanagerial 2024-06-26T05:27:36+00:00 Abdul Kholiq [email protected] Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Manajemen Pendidikan Islam</strong>&nbsp;diterbitkan oleh jurusan MPI, Fakultas Pendidikan dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sebagai media untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa (khususnya mahasiswa jurusan MPI), dosen, akademisi, praktisi, peneliti, yang berkaitan dengan manajemen pendidikan. Jurnal ini menyediakan tempat publikasi yang ditinjau oleh rekan sejawat, ketat secara akademis dan diakui secara profesional.</p> <p><strong>Jurnal Manajemen Pendidikan Islam </strong>ini menerbitkan artikel asli tentang studi manajemen pendidikan Islam, yang memuat kajian-kajian tentang studi manajemen pendidikan Islam, inovasi manajemen pendidikan Islam dan pemikiran dalam manajemen pendidikan Islam.&nbsp;</p> https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/edumanagerial/article/view/3697 Penerapan Manajemen Strategis Sebagai Upaya Optimalisasi Sumber Daya Manusia di Dunia Pendidikan 2024-06-25T04:23:26+00:00 Hesti Kusumaningrum [email protected] Muhammad Nabil Ulwan [email protected] Ahmad Sulthan Nagip [email protected] Rafi Mohammad [email protected] <p>Manajemen strategis telah diakui sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, kegagalan penerapan manajemen strategis di institusi pendidikan sering terjadi karena kurangnya kesesuaian antara rencana strategis dengan dinamika lingkungan pendidikan yang terus berubah. Faktor lainnya adalah kurangnya keterlibatan semua pemangku kepentingan dalam proses perumusan dan implementasi strategi. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menyoroti perlunya perubahan mendasar dalam pendekatan evaluasi kinerja guru. Evaluasi kinerja guru harus lebih terhubung dengan visi instruksional sistem pendidikan dan menyediakan metrik yang komprehensif untuk mengukur efektivitas pengajaran mereka. Selain itu, manajemen kinerja juga harus melibatkan umpan balik yang spesifik, pembinaan yang efektif, dan peluang pengembangan profesional yang jelas bagi guru. Manajemen strategis dianggap sebagai evolusi di bidang manajemen karena memungkinkan organisasi untuk terus berkembang dan bersaing dalam lingkungan yang terus berubah. Ada tiga strategi utama yang dapat menciptakan ekosistem yang baik dalam pendidikan: mengembangkan guru, memperkuat peran orang tua, dan melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar. Perencanaan strategis lembaga pendidikan harus komprehensif dan mencakup berbagai tingkatan, mulai dari tingkat nasional hingga institusional. Implementasi strategi membutuhkan disiplin, komitmen, dan pengorbanan dari semua anggota organisasi, sementara evaluasi strategi penting untuk memastikan keberhasilan jangka panjang dengan memantau kinerja organisasi dan mengambil tindakan korektif jika diperlukan. Dengan mengubah pendekatan evaluasi kinerja guru agar lebih terhubung dengan tujuan pendidikan dan menyediakan alat yang lebih komprehensif untuk mengukur kinerja mereka, serta melibatkan manajemen kinerja yang holistik, organisasi dapat membantu karyawan untuk berkembang secara maksimal dan mencapai kesuksesan bersama dalam mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik.</p> 2024-06-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Hesti Kusumaningrum, Muhammad Nabil Ulwan, Ahmad Sulthan Nagip, Rafi Mohammad https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/edumanagerial/article/view/3726 Pengelolaan Risiko Ketidakpastian Ekonomi Dalam Menentukan Biaya Pendidikan di Yayasan Tunas Unggul 2024-06-26T05:27:36+00:00 Sabilla Qisthi [email protected] Wahyu Hidayat [email protected] <p>Negara Indonesia termasuk negara berkembang yang tingkat ekonominya masih bergantung pada pertumbuhan ekonomi dari negara pusat perekonomian. Hal tersebut akan menimbulkan ketidakpastian dalam ekonomi dan menjadi risiko untuk beberapa pihak, salah satunya dunia pendidikan. Risiko ini dapat disebut dengan risiko ketidakpastian ekonomi yang sangat berpengaruh pada pendidikan dalam menentukan harga jual di masyarakat. Maka, dalam permasalahan ini memerlukan penelitian terhadap penentuan biaya pendidikan dan risiko ketidakpastian ekonomi berserta proses pengelolaannya. Dan untuk memecahkan permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dari hasil wawancara, yang kemudian dianalisis secara logis. Sehingga menghasilkan temuan tentang hal-hal yang menjadi faktor penimbang dan penghambat berupa risiko ketidakpastian ekonomi dalam menentukan biaya pendidikan serta cara pengelolaan risiko tersebut. Selain berisi tentang temuan yang telah disebutkan di atas penelitian ini pun memperluas ruang lingkup penelitian sebelumnya tentang pengaruh ekonomi terhadap pendidikan. Dan penelitian ini menjelaskan bahwa pendidikan berkualitas memiliki biaya yang maksimal dan sesuai dengan perekonomian masyarakat.</p> 2024-06-26T05:27:35+00:00 Copyright (c) 2024 Sabilla Qisthi, Wahyu Hidayat