Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Etos Belajar Peserta Didik di MAN 1 Madiun

  • Anjarni Kumala Khotim Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Wilis Werdiningsih Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Manajemen Kesiswaan, Etos Belajar

Abstract

Etos belajar adalah kemauan peserta didik yang dicerminkan dalam tingkah laku peserta didik pada saat pembelajaran. Sebagai upaya meningkatkan etos belajar dibutuhkan adanya pelaksanaan program salah satunya melalui kegiatan manajemen kesiswaan. MAN 1 Madiun merupakan lembaga pendidikan yang memiliki berbagai kegiatan kesiswaan di antaranya yakni program kelas olimpiade, program kelas keterampilan dan program kelas tahfidz. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya yang dilakukan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan etos belajar peserta didik melalui program-program unggulan MAN 1 Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan: (1) Manajemen kesiswaan dalam meningkatkan etos belajar yaitu melalui program unggulan MAN 1 Madiun yaitu program olimpiade, keterampilan dan tahfidz; (2) Faktor pendukung keberhasilan manajemen kesiswaan meliputi adanya motivasi, pendanaan yang mencukupi dan kerja sama antar pihak, sedangkan faktor penghambat manajemen kesiswaan meliputi waktu yang bertabrakan dengan jam pelajaran; (3) Dampak yang diperoleh dari peningkatan etos belajar peserta didik di MAN 1 Madiun yaitu membantu kesiswaan mewujudkan visi, misi dan tujuan madrasah, salah satunya sekolah selalu dapat mengirimkan delegasi untuk mengikuti perlombaan baik bidang akademik maupun non akademik. Pada setiap perlombaan tersebut, peserta didik berhasil mendapatkan berbagai macam prestasi baik tingkat lokal, regional maupun nasional.

Published
2022-06-27