Manajemen Program Double Track dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan di SMA Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo

  • Azka Maziyyah Ridhwanah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Wilis Werdiningsih Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Double Track, kompetensi lulusan.

Abstract

SMA Negeri 1 Jenangan merupakan salah satu sekolah yang berada di pinggiran kota Ponorogo. Letak geografis ini menyebabkan motivasi para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi rendah. Selain itu orientasi sebagian besar orang tua adalah menginginkan anaknya untuk segera bekerja setelah lulus sekolah. Program double track hadir untuk membekali siswa agar memiliki keahlian tertentu sebagai bekal terjun ke dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan program double track, menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya, serta menganalisis hasil pelaksanaan program double track dalam meningkatkan kompetensi lulusan di SMA Negeri 1 Jenangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Manajemen program double track dimulai dari perencanaan yakni penentuan program pelatihan melalui angket yang diberikan kepada siswa kelas XI, pemilihan trainer sesuai dengan kompetensi yang dimiliki guru dan penjadwalan pelaksanaan kegiatan; (2) Faktor pendukung kegiatan double track berupa antusiasme dari siswa dalam mengikui program double track, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya kebijakan pembelajaran daring selama pandemi yang menyebabkan kegiatan double track tidak dapat berjalan secara maksimal; (3) Hasil program double track yaitu meningkatnya kompetensi siswa SMAN 1 Jenangan sesuai dengan program yang dipilihnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya sebagian siswa yang memiliki usaha secara mandiri.  

Published
2022-06-27
How to Cite
Azka Maziyyah Ridhwanah, & Wilis Werdiningsih. (2022). Manajemen Program Double Track dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan di SMA Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo. Edumanagerial, 1(1), 35-46. Retrieved from https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/edumanagerial/article/view/488