Strategi Peningkatan Peserta Didik Dalam Manajemen Pemasaran Pendidikan di SMK NU Temanggung

  • Muhammad Sholihuddin Zahid Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung, Temanggung
  • Sholeh Kurniandini Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung, Temanggung
  • Najib Mubarok Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung, Temanggung
Keywords: Masyarakat NU; Penurunan peserta didik; Strategi pemasaran.

Abstract

SMK NU merupakan satu satunya SMK yang berciri khas Nahdlatul Ulama di Kabupaten Temanggung. Warga kabupaten Temanggung sebagian besar merupakan jama'ah Nahdlatul Ulama. Namun SMK NU Temanggung tidak mendapatkan animo masyarakat dibuktikan dalam lima tahun terakhir SMK NU mengalami penurunan signifikan jumlah peserta didik baru. Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah manajemen pemasaran pendidikan dan strategi peningkatan peserta didik di SMK NU Temanggung. Berdasarkan jenis data penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan desain penelitianya menggunakan studi kasus. Sumber data menggunakan data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, ketua panitia PPDB dan Panitia PPDB. Sedangkan data skunder diperoleh dari literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa SMK NU Temanggung telah melaksanakan langkah-langkah manajemen pemasaran pendidikan dalam kegiatan PPDB. Namun belum memaksimalkan semua tahap-tahap strategi pemasaran pendidikan

Published
2024-11-29
How to Cite
Zahid, M. S., Kurniandini, S., & Mubarok, N. (2024). Strategi Peningkatan Peserta Didik Dalam Manajemen Pemasaran Pendidikan di SMK NU Temanggung. Edumanagerial, 3(2), 183-201. https://doi.org/10.21154/edumanagerial.v3i2.4188