Pengaruh Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Al Fath Cirendeu Tangerang Selatan

  • Ahmad Fazar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
  • Hesti Kusumaningrum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
  • Faizah Faizah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
Keywords: Guru; Kesejahteraan; Kinerja

Abstract

Guru merupakan faktor yang dominan dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas pendidikan. Keterlibatan guru dalam pendidikan sangat penting karena guru merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pendidikan secara keseluruhan yang terlibat langsung dalam proses belajar mengajar, serta hasil belajar. Dalam meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memperhatikan kesejahteraan guru di lembaga pendidikan yang ada. Kesejahteraan guru harus sangat diperhatikan, karena guru memiliki peran penting dalam membentuk dan mendidik generasi muda untuk masa depan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesejahteraan guru terhadap kinerja guru di SMP AL Fath Cirendeu. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan sampel 23 responden guru di SMP AL Fath Cirendeu. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan dengan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kesejahteraan terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh signifikan kesejahteraan guru terhadap kinerja guru di SMP AL Fath Cirendeu, dengan nilai R square sebesar 0,804 (80,4%), yang artinya variabel kesejahteraan guru (X) menerangkan variabel kinerja guru (Y) sebesar 80,4%, sedangkan sisanya yaitu 19,6% diterangkan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Published
2024-11-29
How to Cite
Fazar, A., Kusumaningrum, H., & Faizah, F. (2024). Pengaruh Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Al Fath Cirendeu Tangerang Selatan. Edumanagerial, 3(2), 142-152. https://doi.org/10.21154/edumanagerial.v3i2.4185