Manajemen Program Entrepreneurship Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Siswa di SMPN 2 Jetis Ponorogo
Abstract
Pengangguran terdidik di Indonesia terbilang cukup banyak. Meningkatnya jumlah pengangguran ini mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi negara kita. Salah satu penyebabnya adalah jumlah wirausahawan atau pengusaha yang masih sangat rendah di Indonesia. Melihat realita tersebut, lembaga pendidikan perlu menyiapkan lulusan yang kreatif, solutif dan inovatif sehingga tidak tergantung pada lapangan pekerjaan yang ada. Penyelenggaraan program peningkatkan keterampilan wirausaha siswa menjadi salah satu cara yang dapat ditempuh oleh institusi pendidikan dalam mengembangkan jiwa entrepreneurship siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan perencanaan program entrepreneurship yang dilakukan yaitu dengan melakukan penguatan visi misi sekolah, analisis faktor internal dan eksternal, menentukan program dan tujuan, membentuk tim, serta melakukan rapat program dan anggaran. (2) Kegiatan implementasi program entrepreneurship yang dilakukan di SMPN 2 Jetis Ponorogo yaitu mengadakan pelatihan, pengadaan fasilitas, praktik pembuatan batik Shibori, Sarimpon dan hidroponik. Adapun sikap kewirausahaan yang ditanamkan dalam program entrepreneurship ini yaitu sikap percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil resiko, keorisinilan, dan berorientasi pada masa depan. (3) Evaluasi program entrepreneurship di SMPN 2 Jetis Ponorogo dilakukan dengan beberapa tahap diantaranya yaitu pengawasan, rapat evaluasi, melakukan perbaikan perbaikan atas apa yang telah di evaluasi sebelumnya dan yang terakhir adalah melakukan inovasi produk.
Copyright (c) 2024 Siti Munawaroh, Aris Nurbawani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.