Peningkatan Mutu Sarana dan Prasarana Pendidikan di SDIT Qurrota A’yun Melalui Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator
Abstract
Kelangsungan kegiatan belajar-mengajar sangat dipengaruhi oleh pemanfaatan sarana dan prasarana di sekolah. Pembelajaran dapat berlangsung secara bermakna dan menyenangkan, jika sarana dan prasarana terpenuhi. Oleh sebab itu pelayanan secara profesional terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah, perlu dilaksanakan dengan baik melalui kegiatan manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Kegiatan manajemen sarana dan prasarana ini, sangat dipengaruhi oleh peran kepala sekolah sebagai administrator. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendetail peran kepala sekolah sebagai administrator dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan: (1) kepala sekolah melaksanakan tahapan dalam manajemen sarana dan prasarana yang dimulai dari melakukan kegiatan perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penggunaan, serta penghapusan dengan melakukan pengawasan dan pendampingan; (2) kepala sekolah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana dengan mengajak kerja sama beberapa pihak eksternal dan instansional melalui program yang telah dibuat serta berkonsultasi dengan pihak yang ahli dalam pengembangan sarana dan prasarana sekolah, serta melakukan analisis berbagai permasalahan yang ada di lingkungan sekolah (3) upaya yang diterapkan kepala sekolah cukup berhasil dibuktikan dengan meningkatnya sarana dan prasarana setiap tahunnya.
Copyright (c) 2022 Utammi Lihyatul Fiqri, Wilis Werdiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.