MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI MA MA’ARIF AL-MUKARROM KAUMAN PONOROGO

  • Almayza Fahyutyara Berlianada IAIN Ponorogo
  • Binti Mu’awanah IAIN Ponorogo
  • Dya Mulya Santika IAIN Ponorogo
  • Roni Harsoyo IAIN Ponorogo
Keywords: Manajemen Pemasaran Pendidikan, Daya Saing

Abstract

Era globalisasi seperti saat ini, persaingan antar lembaga pendidikan semakin atraktif serta kompetitif setiap tahunnya. Lembaga pendidikan senantiasa berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas pendidikannya serta terus gencar dalam melakukan strategi pemasaran pendidikan,  dengan tujuan agar lembaga pendidikan tersebut, semakin dikenal oleh masyarakat luas. Dalam melakukan strategi pemasaran pendidikan, berbagai lembaga pendidikan tak terkecuali MA Ma’arif Al-Mukarrom telah memanfaatkan segala jenis platform yang telah berkembang pada era globalisasi ini, sebagai media dalam melakukan strategi pemasaran pendidikan. Media-media tersebut meliputi whatsapp, facebook, instagram, twitter, youtube, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengulas lebih mendalam terkait strategi pemasaran pendidikan yang digunakan di MA Ma’arif Al-Mukarrom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan etnografi yang diambil dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, strategi pemasaran pendidikan di MA Ma’arif Al-Mukarrom telah terkonsep dengan baik, mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga pengendalian pemasaran sehingga mampu meningkatkan daya saing madrasah. Seluruh stakeholder madrasah saling bekerjasama dalam melakukan strategi pemasaran, guna tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

Published
2022-12-22