STRATEGI PENGEMBANGAN MADRASAH UNGGULAN BERBASIS PESANTREN (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA PONOROGO)
Abstract
Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang sudah lama berkembang di Indonesia khususnya dalam lingkup pesantren yang telah berhasil membina dan mengembangkan kehidupan beragama di Indonesia. Oleh sebab itu bahwa banyak lulusan dari Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo dituntut untuk bisa dalam bermasyarakat khusunya dalam masalah keagamaan yang di situ peserta didik dalam hidup bermasyarakat harus dapat menguasai dalam bidang keagamaan, bidang sosial, maupun bidang ilmu pengetahuan umum baik dari segi ubudiyahnya atau dari segi adabnya atau akhlakul karimah (tata kramanya). Dalam segi prestasi di setiap sekolahan atau madrasah mestinya semua memiliki, akan tetapi di MA Darul Huda Ponorogo selain memiliki banyak prestasi juga menerapkan akhlaqul karimah, baik dengan orang tua, kyainya, guru-gurunya, santri yang senior, dan teman sebayanya, dan juga halnya dalam program pembelajarannya mengikuti ala pesantren. Hal seperti itu tidak banyak ditemui di Madrasah Aliyah yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan dan menganalisis strategi pengembangan madrasah unggulan berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo meliputi: 1) Bentuk strategi pengembangan madrasah unggulan berbasis pesantren; 2) Penerapan strategi pengembangan madrasah; 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pengembangan madrasah.
Copyright (c) 2022 Masyrul Mamuja, Umar Sidiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.