STRATEGI PROMOSI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONOROGO DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN
Abstract
Pendidikan sudah selayaknya diperhatikan dan dikelola secara profesional, dikarenakan banyaknya persaingan sumber daya manusia serta adanya persaingan infrastruktur dengan lembaga pendidikan yang lain. Dalam memasarkan jasa pendidikan promosi merupakan salah satu bauran yang sangat penting karena di dalamnya berperan sebagai pemberi informasi yang dibutuhkan, membujuk sasaran konsumen serta mendorong mereka untuk membeli tawaran jasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis strategi penentuan target market sebagai dasar untuk mendesain bauran promosi di MI Ma’arif Panjeng Jenangan, (2) mengetahui dan menganalisis desain promosi dalam meingkatkan minat masyarakat terhadap lembaga pendidikan di MI Ma’arif Panjeng Jenangan, (3) mengetahui dan menganalisis dampak bauran promosi yang diterapkan oleh MI Ma’arif Panjeng Jenangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa tahapan dalam penentuan target market yang dilakukan oleh MI Ma’arif Panjeng Jenangan terdiri dari segmentasi, menetapkan positioning, serta menetapkan diferensiasi. Bauran promosi yang diterapkan oleh MI Ma’arif Panjeng Jenangan yakni periklanan melalui media sosial yang meliputi facebook, instagram, website dan youtube, komunikasi personal yang dilakukan dengan melakukan sosialisasi ke taman kanak-kanak.
Copyright (c) 2022 Luqyana Karim, AB. Musyafa’ Fathoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.