PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA ISLAMI (Studi Analisis Kualitatif di SMK PGRI 2 PONOROGO)

  • Fanida Fitri Fardiana
Keywords: Manajerial, Kepala Sekolah, Budaya Islami

Abstract

Lembaga pendidikan menghadapi banyak masalah karena kapasitas manajerial kepala sekolah yang kurang terlatih. Karena itu, sulit bagi kepala sekolah untuk menentukan arah sekolahnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran manajerial kepala sekolah di SMK PGRI 2 Ponorogo serta mengetahui peran manajerial kepala sekolah dalam pengorganisasian staff untuk pengembangan budaya islami di SMK PGRI 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa kepala sekolah SMK PGRI 2 Ponorogo menganalisis lingkungan sekolah yang ada untuk menyusun progam keagamaan. Kepala sekolah juga mengadakan studi banding untuk guru dengan lembaga pendidikan lain guna meningkatkan kegiatan keagamaan di sekolah. Peran kepala sekolah dalam menggerakkan guru dan staf guna pengembangan budaya islami di SMK SMK PGRI 2 Ponorogo antara lain; kepala sekolah menggerakkan guru dengan motivasi kerja; mengedepankan asas keakraban, dan terlibat langsung dalam perencanaan berdasar asas mufakat. Kepala sekolah juga mengoptimalkan sumber dana dan perlengkapan sekolah. Ruang Praktek Siswa digunakan sebagai tempat sholat berjama’ah, dan praktek agama seperti rohis dan latihan banjari. Kepala Sekolah juga memberi dana yang cukup untuk mengadakan kegiatan keagamaan seperti kegiatan romadhon (membagi takjil dan sholat tarawih berjamaah) dan digunakan untuk memberi infrastruktur kegiatan keagamaan seperti, meja baca tulisa al-Qur’an, alat banjari, dll.

Published
2022-12-22
How to Cite
Fanida Fitri Fardiana. (2022). PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA ISLAMI (Studi Analisis Kualitatif di SMK PGRI 2 PONOROGO). Edumanagerial, 1(2), 159-175. Retrieved from https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/edumanagerial/article/view/1504