KEPEMIMPINAN DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM CHARACTER BUILDING SANTRI DI MADRASAH DINIYAH AL-HUDA KARANGREJO KAWEDANAN MAGETAN
Abstract
Pendidikan karakter (character building) bagi peserta didik sebagai generasi penerus bangsa harus menjadi perhatian khusus, agar peserta didik memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungannya. Penelitian ini akan mengkaji mengenai strategi kepemimpinan kepala Madrasah Diniyah Al-Huda Karangrejo Kawedanan Magetan dan gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Diniyah Al-Huda Karangrejo Kawedanan Magetan dalam program pengembangan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala Madrasah Diniyah Al-Huda mendidik secara langsung dengan memberikan contoh kepada siswa tentang perilaku terpuji dan sopan santun. Sejak awal rekrutmen ustadz-ustadzah, kepala madrasah memperhitungkan sumber daya dengan memilah-milah pendidik yang berakhlak baik. Adapun gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Diniyah Al-Huda Karangrejo Kawedanan Magetan dalam program pengembangan karakter siswa, yaitu menggunakan gaya partisipatif, gaya persuasif, gaya represif, gaya motivasi, gaya edukatif, dan gaya inovatif. Pola kepemimpinan Kepala Madrasah berdampak pada pembentukan karakter siswa. Siswa memiliki akhlak yang baik dan budi pekerti siswa terhadap orang tua juga meningkat. Ustadz juga merasakan hasil dari program ini yaitu perilaku mereka menjadi lebih terkontrol karena dalam kehidupan sehari-hari di madrasah dituntut untuk berperilaku sempurna. Hasil kepemimpinan madrasah dapat dirasakan tidak hanya bagi siswa tetapi juga bagi ustadz-ustadzah.
Copyright (c) 2022 Muhammad Khoirul Anam, Umar Sidiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.