MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENINGKATAN POTENSI DIRI SISWA MELALUI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (Studi Kasus Di Smp Negeri 5 Ponorogo)

  • Isna Faridatun Nadziroh IAIN Ponorogo
  • Muhammad Thoyib IAIN Ponorogo
Keywords: Manajemen Kesiswaan, Potensi Diri, Organisasi Siswa Intra Sekolah

Abstract

Peningkatan potensi diri siswa dapat dilakukan dengan pengoptimalan manajamen kesiswaan melalui organisasi siswa intra sekolah. Adanya kesiswaan di SMP Negeri 5 Ponorogo yang berfokus terhadap pembinaan siswa melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) disertai pengoptimalan proses manajemen, dapat dijadikan langkah tepat peningkatan potensi siswa secara komperhensif. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta implikasi kesiswaan terhadap pengelolaan OSIS untuk meningkatkan potensi diri siswa. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Ada beberapa tahap dalam perencanaan OSIS yaitu rapat koordinasi, proses seleksi dan rekrutmen anggota OSIS, pembagian job description OSIS serta penyusunan program selama 1 tahun kedepan. (2) Pada pelaksanaan kesiswaan terhadap OSIS meliputi 2 jenis kegiatan yaitu kegiatan khusus pengembangan kemampuan OSIS (Latihan dasar kepemimpin dan outbound) serta kegiatan sesui program yang dijadwalkan selama satu periode yang meliputi kegiatan harian, mingguan dan tahunan. (3) Evaluasi kesiswaan terhadap OSIS melalui tahap pengawasan, rapat rutin setelah kegiatan dan laporan pertanggungjawaban diakhir masa jabatan. (4) Implikasi manajemen kesiswaan melalui OSIS mampu meningkatkan potensi siswa secara keseluruhan yaitu potensi berfikir, potensi emosi, potensi fisik dan potensi sosial.

Published
2022-06-27
How to Cite
Isna Faridatun Nadziroh, & Muhammad Thoyib. (2022). MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENINGKATAN POTENSI DIRI SISWA MELALUI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (Studi Kasus Di Smp Negeri 5 Ponorogo). Edumanagerial, 1(1), 61-79. Retrieved from https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/edumanagerial/article/view/1473