MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI MADRASAH UNGGULAN (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo pada Masa Pandemi COVID-19)

  • Linda Ayu Karisma IAIN Ponorogo
  • Muhammad Thoyib IAIN Ponorogo

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan salah satu sektor yang terdampak akibat penyebaran COVID-19 yang belum usai. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan sistem manajemen. Berdasarkan Surat Edaran oleh Bupati Ponorogo Nomor 420/1063/405.01/2020 tentang Pelaksanaaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19 menerangkan bahwa setiap kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Adanya perubahan yang terjadi secara tidak terencana menjadi sebuah tantangan bagi berbagai lembaga pendidikan untuk tetap bertahan memberikan yang terbaik dalam kegiatan pembelajaran dan pengembangan diri siswa. Pengelolaan dengan manajemen perubahan merupakan bagian yang sangat penting sebagai upaya solusi dan adaptasi menuju peningkatan kemampuan lembaga pendidikan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis tahapan model manajemen perubahan melalui (1) The Choice Process (proses pilihan), (2) The Trajectory Process (proses lintasan), (3) The Change Process (proses perubahan), dan (4) Implikasi manajemen perubahan dalam mempertahankan prestasi madrasah unggulan pada masa penyebaran COVID-19. 

Published
2022-06-27