SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 3 PACITAN

  • Diajeng Intan Permatasari IAIN Ponorogo
  • AB. Musyafa Fathoni IAIN Ponorogo
Keywords: Supervisi, Kepala Sekolah, Profesionalisme Kinerja Guru, MTs Negeri 3 Pacitan

Abstract

Peningkatan kinerja guru dapat dilakukan dengan pengawasan melalui supervisi kepala sekolah. Pelaksanaan supervisi kepala sekolah saat ini masih lemah. Hal ini dikarenakan supervisi yang kurang profesional dan sebatas formalitas. Meskipun kondisi ini menunjukkan supervisi yang belum efektif, MTsN 3 Pacitan menunjukkan hal sebaliknya. Pelaksanaan supervisi digunakan untuk peningkatan kinerja guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui teknik, langkah-langkah supervisi dan pemanfaatan hasil supervisi untuk meningkatkan profesionalisme kinerja guru. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan guru. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Terdapat dua tahapan supervisi yakni supervisi administrasi pembelajaran dengan teknik pembicaraan individu dan supervisi pembelajaran dengan teknik kunjungan kelas. Untuk evaluasi secara umum dengan rapat. (2) Langkah pelaksanaan supervisi diawali rapat, koordinasi tim supervisi, jadwal supervisi. Pelaksanaan supervisi, evaluasi hasil dan tindak lanjut. (3) Untuk kegiatan peningkatan kinerja guru dengan workshop administrasi pembelajaran dan pelatihan.

Published
2022-06-27
How to Cite
Diajeng Intan Permatasari, & AB. Musyafa Fathoni. (2022). SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 3 PACITAN. Edumanagerial, 1(1), 1-18. Retrieved from https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/edumanagerial/article/view/1470