Internalisasi Nilai-Nilai Religiusitas dan Kepedulian Sosial di Kalangan Mahasiswa Komisariat PMII IAIN Ponorogo
Abstract
The organization as a place of actualization has an important meaning in the self-development of members. The need for social interaction is the reason why it is necessary to establish an organization. Included in this is maintaining and producing the religious and moral values of society which are usually carried out by education. The importance of internalizing the values of religiosity and social care among PMII Iain Ponorogo Commissariat students, this reminds us that students, especially PMII cadres, need and must internalize and integrate the values of religiosity and social care as a form of responsibility for educated students. This research aims to (1) describe the stages of internalization of religiosity values among students of the PMII commissariat IAIN Ponorogo commissariat, (2) describe the stages of internalization of social care values among students of the PMII commissariat IAIN Ponorogo commissariat, and (3) ) describes the impact of internalizing the values of religiosity and social concern among PMII IAIN Ponorogo commissariat students. This research uses a qualitative approach method. Data collection techniques use observation, interviews and documentation. The data analysis technique uses the Miles Huberman concept with the first steps being data reduction, the second being data presentation, and the third being drawing conclusions and verification.
References
Abdul Hakam & Encep Syarief Nurdin, Kamal. 2016. Metode Internalisasi Nilai-Nilai. Jakarta: CV Maulana Media Grafika.
Abulsyani. 2012. Sosiologi Skematika Teori dan Terapan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruksivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Amin, Barkatullah. 2015. Internalisasi Nilai-nilai Religiusitas Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin. Skripsi. Banjarmasin: IAIN Antasari.
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia. 2019.
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia. 2019.
Ashari, Fajarudin. 2019. Peran Organisasi Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Buleleng Terhadap Toleransi Antara Umat Beragama dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sosiologi di SMA. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2013. Al-Qur’anil Karim Robbani. Jakarta: Surya Prisma Sinergi.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. e-Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Sejarah, Sosiologi dan Perpustakaan. Volume 1, Nomor 2, Tahun 2019.
Fathurrahman, Muhammad. 2015. Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Yogyakarta: KALIMEDIA. Fitriani, Annisa. 2016. Peran Religiusitas Dalam Meningkatkan Psychological Well Being. Al-Adyan, Vol. XI, No. 1, Januari-Juni.
H Gunawan, Ary. 2010. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Habiburrohman, Muhammad. 2020. Implementasi Nilai-nilai Kepedulian Sosial Pada Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, Al-Misbah Jurnal Islamic Studies 68,Vol.8, No. 2.
Hifni, Ahmad. 2016. Menjadi Kader PMII. Tangerang: Moderate Muslim Society.
Ilham & Fisdausi, Muhammad. 2019. Islamic Branding dan Religiusitas Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Pada Swalayan Al-Balik Kota Tanjungpinang. Bintan: STAIN SULTAN ABDURRAHMAN Press.
Jalaluddin, 2007. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jamal Ma’mur Asmani, Jamal. 2011. Tuntutan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Jogjakarta: Diva Press.
Jauhari Muchtar, Heri. 2005. nilai Kepedulian soial – kemasyrakatan perwujudan kesejahteraan sosial. Bandung :PT Remaja Rosda Karja.
Jurnal An-Nida. Vol. 11, No. 1. Januari-Juni 2019 ISSN : 2085-3521, E-ISSN : 2548-9054 “Peran Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Pmii) Kota Salatiga Dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Islam Nusantara”. Keputusan-Keputusan MUSPIMNAS PMII. 2019. Boyolali.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Maimun & Agus Zainul Fitri, Agus. 2010. Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif Di Era Kompetitif. Malang: UIN Maliki Press.
Maulana, Rian. 2019. Analisis Pengaruh Religiusitas Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Aceh Syariah. Skripsi. Aceh: UIN Ar-Raniry.
Mulyadi, Agama dan Pengaruhnya dalam Kehidupan. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume VI Eddisi O2, 2016.
Nashori, Fuad & Mucharam, R.D. 2002. Mengembangkan Kreativitas Dalam Perspektif Psikologi Islami. Yogyakarta: Menara Kudus.
Oktifuadi, Khoirrosyid. 2018. Internalisasi Nilai-nilai Religiusitas dan Kedisiplinan Siswa di SMK Negeri Jawa Tengah Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Rozak & Rosihon Anwar, Abdul. 2006. Ilmu Kalam. (Bandung: Pustaka Setia.
Rozi, Fathur. 2019. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan Untuk Menumbuhkan Karakter Islami di SMK Negeri 51 Jakarta. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Sudarsono. 1989. Etika Tentang Kenakalan Remaja.Jakarta: Rineka cipta.
Sugiyono, 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R dan D (Bandung: Alfebata.
Sutomo, Imam. Implementasi Nilai Religiusitas dan Toleransi dalam Pemberdayaan Masyarakat pada Jamaah Masjid Al-Hikmah Sidomukti Salatiga. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan: STAIN Salatiga, Vol. 8, No. 1, Juni 2014.
Tafsir, Ahmad. 2006. Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya.